Arti Pentingnya Organisasi
dan Metode
Pengertian Organisasi dan Metode
Sebelum menginjak pada materi
membahasan organsisasi, berikuti diuraikan terlebih dahulu pengertian
organisasi dan metode secara lengkap, terlebih dahulu akan ditinjau secara
sekilas arti dari kata organisasi dan metode.  Istilah organisasi dapat
diartikan sebagai berikut:
·         Wadah : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama.
·         Proses : Pengelompokan manusia dalam suatu kerja sama yang
efisien.
Sedangkan istilah metode tersebut
berarti suatu tata kerja yang dapat mencapai tujuan secara efisien. 
Pengertian Organisasi dan Metode secara lengkap adalah  Rangkaian proses
kegiatan yang harus dilakukanuntuk menibgkatkan kegunaan segala sumber dan
factor yang menentukan bagi berhasilnya proses Manajemen terutama dengan
memperhatikan fungsi dan dinamika organisasi atau birokasi dalam rangka
mencapai tujuan yang sah ditetapkan.
 Dari pengertian tersebut
terkandung beberapa maksud yaitu :
- Organisasi dan metode merupakan kunci atau syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
- Organisasi dan metode penting bagi kegiatan manajemen
- Organisasi dan metode dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia
- Organisasi dan metode berguna dalam meningkatkan efisiensi kerja untuk mencapai tujuan.
Organisasi adalalah sekumpulan orang
yang bekerja sama yang mempunyai tujuan yang sama dan mempunyai manajemen.dan
setiap menajemen itu sendiri tidak pernah terlepas dari 4 hal ini di antaranya
adalah:P,O,A,C. Yaitu:
- PLANING adalah perencanaan
- Organization adalah pengorganisasi
- Actuniety adalah penepatan sesuai prosedur
- Controling adalah pengawasan
Jadi sepintar apapun orang dengan
beragam title dan sarjana jika ia membuat organisasi maka ia tak akan terlepas
oleh 4 hal ini,karena ini selalu mencakupi untuk berjalannya roda organisasi
itu sendiri.dan begitu banyak sekali macam-macam definisi organisasi itu
sendiri dan saya hanya menjelaskan define umum organisi dari orang yang termuka
diantaranya adalah:
Definisi organisasi:
Definisi organisasi:
- Menurut chester I bernand(suatu system kegiatan bersama antar 1 orang dan lebih daro 2 orang,sesuatu sifat yang tidak berwujud &tidak bersifat berseorangan dan sebagian besar mengenai hubungan)
- Menurut JOHN M.GOUS(tata hubungan antar orang-orang untuk untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan bersama dengan adanya pembagian tugas & dan bertanggung jawab atas tugasnya)
- Menurut JOMES D.MOONEY( bentuk kerjasama manusia untuk pencapai tujuan bersama)
Dan organisasi itu juga mempunyai
pandangan diantaranya adalahsebagai pandangan wadah”tempat kegiatan dilaksanakan,dan
juga sebagai proses”yaitu hubungan formil dan informal,dan sebagai system.
Organisasi sebagi wadah jadi wadah
sebagai tempat pelaksanaan organisasi tersebut
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
Orgabisasi sebagai proses adalah memperhatikan interaksi atau kerjasama antar anggota dalam organisasi dan proses di bagi menjadi 2 yaitu proses formal dan proses informal
Dan proses formaladalah organisasi pola hubungan yang ditetapkan secara resmi oleh top manejemen. Proses informal mempunyai 3 peranan yaitu:
1.     
untuk saran komunikasi
2.     
untuk engatur kerjasama
3.     
untuk memelihara kebebasan dalam
bertindak
·         Organisasise bagai system sosial suatu system antar hubungan
sesame manusia
·          Sebagai system fungsional => antar fungsi fungsi
yang dikaitkan secra tertentu & integral untuk mencapai tujuan organisasi
·         Komunikasi yakni tata salura antar arus informasi dalam
organisasi
Bagaimana
sebuah organisasi bisa dikatakan baik? Organisasi yang baik bisa di katakan
organisasi yang terorganisir, organisasi yang mempunyai visi dan misi atau
tujuan yang jelas, organisasi yang mempunyai perencanaan yang matang,organisasi
yang mempunyai kreatifitas dan inofatif dalam membuat perencanaan,organisasi
yang bisa berkembang sesuai dengan tujuan dan visi misi yang sudah menjadi
kesepakatan. Sekarang ini banyak organisasi yang gagal. Ini karena hal-hal
diatas tidak terpenuhi.
Kerjasamamerupakan
salah satu kunci keberhasilan. Kerjasama yang baik bisa menjadi awal sebuah
organisasi bisa berjalan dengan lancar dan baik,di samping itu juga perlu
adanya komunikasi yang baik pula. Tanpa ada kerjasama dan komunikasi yang
baik,sebuah organisasi tidak akan bisa bertahan lama, Jika hal-hal itu tidak
terpenuhi maka organisasi tidak akan berjalan dengan baik.
Bentuk Organisasi Niaga
Dalam
pembahasan ini saya akanmembahas bentuk organisasi Niaga yaitu Perseroan
Terbatas (PT), Perseroan Terbatas (PT), adalah suatu persekutuan untuk
menjalankan usaha yang memiliki modal terdiri dari saham-saham, yang pemiliknya
memiliki bagian sebanyak saham yang dimilikinya. Karena modalnya terdiri dari
saham-saham yang dapat diperjualbelikan, perubahan kepemilikan perusahaan dapat
dilakukan tanpa perlu membubarkan perusahaan. PT dipimpin oleh direksi,
Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta
Perseroan
terbatas merupakan badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam
anggaran dasar. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik
perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri. Setiap orang dapat
memiliki lebih dari satu saham yang menjadi bukti pemilikan perusahaan. Pemilik
saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas, yaitu sebanyak saham yang
dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan, maka kelebihan
utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila
perusahaan mendapat keuntungan maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan
ketentuan yang ditetapkan. Pemilik saham akan memperoleh bagian keuntungan yang
disebut dividen yang besarnya tergantung pada besar-kecilnya keuntungan yang
diperoleh perseroan terbatas.
Selain
berasal dari saham, modal PT dapat pula berasal dari obligasi. Keuntungan yang
diperoleh para pemilik obligasi adalah mereka mendapatkan bunga tetap tanpa
menghiraukan untung atau ruginya perseroan terbatas tersebut.
Untuk
mendirikan PT, harus dengan menggunakan akta resmi ( akta yang dibuat oleh
notaris ) yang di dalamnya dicantumkan nama lain dari perseroan terbatas,
modal, bidang usaha, alamat perusahaan, dan lain-lain. Akta ini harus disahkan
oleh menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (dahulu Menteri
Kehakiman). Untuk mendapat izin dari menteri kehakiman, tentunya juga harus
memenuhi syarat-syarat
·        
Visi : Untuk menjadi yang terdepan
dalam memenuhi kepuasan Mitra Usaha / Klien.
·        
Misi : Memberikan pelayanan terbaik
kepada Mitra Usaha dengan sistem yang terintegrasi untuk meningkatkan Sumber
Daya Manusia kami sebagai tenaga terlatih yang profesional sehingga mampu untuk
bersaing didunia internasional.
Struktur Organisasi
Dengan
melakukan pemilihan serta penentuan struktur organisasi yang tepat dan sesuai
dengan situasi dan kondisi dalam perusahaan maka pencapian tujuan perusahan
akan lebih terarah. Selain itu denga struktur organisasi yang jelas dan baik
maka akan dapat diketahui sampai dimana wewenang dan tanggung jawab yang
dimiliki oleh seseorang dalam menjalankan tugasnya. Dalam menjalankan aktivitas
usahanya, PT menerapkan struktur organisasi fungsional dimana organisasi
menurut fungsi menyatukan semua orang yang terlibat dalam satu aktivitas yang
disebut fungsi dalam satu group.
Bentuk Fungsional
Ciri–ciri:
Bawahan mendapat perintah dari beberapa pejabat yang masing-masing menguasai
suatu bidang keahlian tertentu dan bertanggung jawab sepenuhnya atas bidangnya.
Pada bentuk ini pimpinan mempercayakan sepenuhnya kepada para ahli dalam bidang
masing-masing.
Kebaikan :
- Bidang pekerjaan khusus diduduki oleh seorang ahli yang memungkinkan bekerja atas dasar keahlian dan kecintaan akan tugasnya.
- Tanggung jawab atas fungsinya terjamin.
Keburukan :
- Koordiansi sulit dilaksanakan
- Dapat menimbulkan dispersonalisasi
- Keahlian memimpin kurang dapat dijamin
- Atas kesatuan komando sulit dilaksanakan
Adanya Strukrur Organisai pada
perusahaan merupakan manifestasi dan cerminan dari kekuatan manajemen SDM
perusahaan dalam mencapai Visi dam Misi bisnis perusahaan.  Struktur
organisasi perusahaan yang tepat, efektif, dan efisien akan memberikan jaminan
kinerja perusahaan yang tinggi, demikian pula sebaliknya. Jika desain struktur
organisasi tidak optimal, akan mengakibatkan efek yang berkepanjangan terhadap
lemahnya kinerja organisasi perusahaan, meskipun sekarang setiap organisasi
sudah maju tetap saja perusahaan harus memiliki struktur organisasi. Agar organisasi
dapat terkontrol.
Manajemen dan Organisasi
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
Rumusan tersebut mengandung
pengertian adanya hubungan timbal balik antara kegiatan dan
kerjasama disatu pihak dengan tujuan
di pihak lain.
 





0 komentar:
Posting Komentar